Selamat Datang di Blog ini!___ Janganlah melihat hanya dipermukaan saja!___ Selamilah!___ Yakinlah suatu saat mutiara indah akan didapat.

Sunday, November 24, 2013

Cara Share Folder Ke Komputer Lain

   
Kali ini saya akan berbagi cara share folder ke komputer lain pada OS Windows. Mengapa kita perlu Share Folder? Begini, suatu ketika kita pasti melakukan kerja bareng dalam satu team menggunakan komputer. Misalkan kita ingin mengshare sebuah data yang harus dikerjakan bersama-sama. Nah, untuk mempermudah dan mempercepat  kerja team, kita harus bisa mengakses data itu bersama-sama, tetapi tidak melalui hardware tambahan seperti flashdisk atau yang lain. Maka kita hanya perlu men-share Folder kita dan dapat di akses di laptop atau komputer lain.Untuk dapat sharing ke folder, kita hanya membutuhkan jaringan komputer yang terhubung dengan komputer - komputer yang lain. 

Di sini kita akan belajar mensharing folder ke komputer/ laptop lain pada Windows 7. Langsung saja, begini cara share folder seperti dilihat pada penjelasan di bawah ini.

Cara menshare folder ke komputer lain pada windows 7 :
  • Buka Windows Explorer 
  • Pilih folder yang akan di share 
  • Klik kanan folder, pilih menu Share with, kemudian klik specific people

  • Pada File sharing, kita pilih user yang dapat membuka file, misal everyone, di sarankan everyone (agar bisa dibuka semua orang), kemudian tekan add. Setelah itu klik tombol share, dan tunggu beberapa saat, kemudian pilih done.


  • Kembali ke menu sharing, pilih advenced sharing --> centang "Share this file" --> Apply --> close, sampai tahap ini berarti kita sudah share ke komputer lain.




Kemudian untuk mengeceknya apakah file yang kita share bisa di akses di komputer lain, maka kita buka komputer lain kemudian buka Windows Explorer, pilih network, pilih nama komputer yang kita buat untuk sharing file tadi. Kemudian cari nama folder yang kita share tadi, jika ada berarti sharing berhasil. Buka foldernya untuk mengakses file di dalamnya.

Bagi teman-teman yang ingin mencoba, silahkan ikuti langkah-langkah seperti sudah dijelaskan di atas. Selanjutnya selamat mencoba.


No comments:

Post a Comment