Selamat Datang di Blog ini!___ Janganlah melihat hanya dipermukaan saja!___ Selamilah!___ Yakinlah suatu saat mutiara indah akan didapat.

Saturday, November 23, 2013

Cara Memberi Password Share Folder/ File

Sebagai seorang yang bekerja di bidang komputer, sering kali saya memerlukan data dari komputer lain yang terhubung dalam satu jaringan. Hal ini dapat dilakukan dengan cara share folder atau file pada komputer itu. Namun permasalahannya folder itu akan dapat gunakan oleh siapa saja yang melihatnya. Artinya file apapun yang ada di sana, orang lain dapat mengaksesnya. Jika di dalam folder itu ada file yang sangat rahasia yang tidak ingin di lihat orang maka file itu sulit untuk disembunyikan.

Namun hal ini sebenarnya ada solusinya, yaitu dengan turn on password protected sharing pada open network and sharing center seperti terlihat pada gambar di bawah ini.

Lalu klik kembali Change advanced sharing settings



Dan pada password protected sharing pilih turn on password protected sharing

.

Sampai tahap ini folder yang dishare sudah aman terproteksi oleh password. Hanya permasalahannya user dan password untuk mengakses folder ini belum di setting. Maka untuk mensetting user dan password kita harus masuk dahulu ke administrative tools. Caranya yaitu dengan, masuk ke Control Panel kemudian pilih Administrative Tools<Computer Management<Local Users and Groups<Users. Diantaranya akan terdapat banyak pilihan user name dan password, klik kanan pada GUEST kemudian pilih yang Set Password. Untuk lebih jelasnya lihat gambar di bawah ini.



Setelah itu tekan tombol process, untuk memasukkan passwordnya. Isi password dengan sandi yang mudah diingat. Lihat tampilan di bawah ini.


Setelah password di masukkan maka selesai sudah proses memberi password pada jaringan LAN. Untuk memastikannya silahkan restart terlebih dahulu komputer yang  foldernya telah disharing.

Untuk mengakses folder yang dishare silahkan masuk ke My computer dan pilih network. Silahkan masuk ke workgroup tempat komputer share itu berada. Silahkan ketik di baris user name dengan guest dan ketikkan juga password yang sudah kita buat tadi. Lihat hasilnya, folder yang disharekan dapat diakses oleh kita saja. 

Catatan : Share folder harus menggunakan share to everyone






10 comments:

  1. kalau untuk username nya juga di minta bagaimana ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Username biasanya menggunakan mana user pengirim file

      Delete
  2. cara balikin ke setting awal tanpa pasword gmn caranya,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. pada file yang di share bagian Network Access di choose people share with, hapus user yang baru yang memiliki password yang telah di buat sebelumnya, dan tambahkan user Every One

      Delete
  3. #Masyoga#
    Satu pertanyaan mas, misalkan saya mau share dua folder yaitu folder A dan B. Folder A mau saya share bebas tanpa password sedangkan folder B dengan password. Bagaimana caranya Mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ijin menjawab, Folder A share menggunakan user Everyone dan Folder B menggunakan user dengan password
      User baru bisa dibuat diawal, atau ketika share file dengan memilih create user.

      Delete
  4. Terimakasih infonya gan., langsung praktik.

    ReplyDelete
  5. kalau sharing ke sesama PC atau laptop DELL KENAPA SUKA DI PASSWORD YA PADAHAL UDUH DI OFF IN

    ReplyDelete
    Replies
    1. User Sharingnya kemungkinan yang menggunakan password, biasanya kalau menggunakan user Everyone maka bisa langsung akses

      Delete