Selamat Datang di Blog ini!___ Janganlah melihat hanya dipermukaan saja!___ Selamilah!___ Yakinlah suatu saat mutiara indah akan didapat.

Friday, November 1, 2013

Belajar Mengetik Cepat 10 Jari


Awal saya tertarik mengetik 10 jari ketika saya melihat seorang teman yang pada saat itu mengetik dengan indah menggunakan 10 jari. Dia terlihat tenang saat mengetik, seperti tanpa beban, fokus mata hanya menatap monitor. Duduk dengan tegak tapi santai, terlihat begitu asiknya dia mengetik. Hal itulah yang memotivasi saya untuk juga bisa mengetik 10 jari dengan benar.

Nah, kebetulan juga saya sekarang sehari-hari bekerja di bagian komputer maka mengetik merupakan kegiatan yang sering dilakukan. Mengetik dengan cepat adalah hal yang harus dilakukan untuk menunjang pekerjaan agar cepat selesai. Dengan 10 jari ketikkan menjadi lebih cepat selesai dibandingkan cara lama dengan 2 jari saja.

Untuk memulai belajar mengetik 10 jari di keyboard, hal yang paling mendasar adalah harus kenal terlebih dahulu keyboard dengan jari. Mungkin hal ini dianggap sepele namun hal ini merupakan hal penting supaya dapat mengenal dan beradaptasi dengan keyboard. Hal ini merupakan cara cepat bisa mengetik 10 jari.

Adapun beberapa hal penting yang harus diingat dan jadi patokkan adalah pada bagian tuts F dan J. Ini merupakan patokkan untuk meletakkan jari telunjuk kiri di tuts F dan telunjuk kanan di tuts J. Mengapa menjadi patokkan? karena di tuts F dan J ada garis/ titik yang timbul yang dapat dirasakan oleh jari.


Berikut tips mengetik cepat 10 jari:
  • Letakkan jari-jari tangan anda di atas keyboard persis seperti gambar di bawah ini.


     Tangan kiri
  • Jari kelingking menekan huruf Q, A, Z, angka 1, tombol Tab, Caps Lock , Shift, Ctrl
  • Jari manis menekan huruf W, S, X, angka 2
  • Jari tengah menekan huruf E, D, C, angka 3
  • Jari telunjuk menekan huruf R, F, V, T, G, B, angka 4, 5

      Tangan kanan
  • Jari telunjuk menekan huruf Y, H, N, U, J, M, angka 6, 7
  • Jari tengah menekan huruf I, K, tombol koma (,)
  • Jari manis menekan huruf O, L, tanda titik (.), angka 9
  • Jari kelingking  menekan huruf P, tanda titik koma (;), tanda /, angka 0, enter, backspace

       Ibu jari

  • Ibu jari baik kanan dan kiri berada di spacebar


Kunci suksesnya cepat mengetik dengan 10 jari ialah dengan terus berlatih dan berlatih. Dengan terbiasanya mengetik menggunakan seluruh jari tangan pasti akan cepat mengetiknya. Itulah tips dari saya mengenai belajar mengetik 10 jari. Semoga artikel ini bermanfaat bagi semuanya dan bisa langsung diterapkan.


No comments:

Post a Comment