Selamat Datang di Blog ini!___ Janganlah melihat hanya dipermukaan saja!___ Selamilah!___ Yakinlah suatu saat mutiara indah akan didapat.

Sunday, January 18, 2015

Aplikasi Perkalian Menggunakan Ms. Excel

Dunia Komputer adalah impianku, Di mana aku mempunyai mimpi yaitu ingin menciptakan aplikasi untuk membantu proses pembelajaran untuk siswa SD khususnya di bidang matematika.

Jika kita bertanya kepada siswa ternyata banyak juga siswa yang mengatakan bahwa matematika adalah pelajaran yang paling sulit dan tidak disukai. Dari pandangan ini saya menjadi tertantang untuk menciptakan satu aplikasi yang menyenangkan supaya siswa dapat belajar matematika memakai komputer.

Dari kondisi seperti di atas maka saya mencoba membuat aplikasi sederhana menggunakan excel. Aplikasi ini bernama Aplikasi perkalian untuk kelas 2 dan 3 SD. Adapun aplikasi ini dibuat dalam 3 worksheet di mana, worksheet:
1. Tampilan input perkalian
2. Bagian Output atau jawaban dari perkalian
3. Bagian proses yaitu pembandingan antara input dengan output.

Untuk lebih jelas, begini cara kerja dari aplikasi ini dijalankan.

1. Aplikasi ini dibuka menggunakan ms. excel.
2. Masukkan level perkalian yang ingin dilatih atau dikerjakan.
    maka kolom perkalian yang dipilih akan berwarna putih,
    sedangkan kolom yang lain berwarna merah. Lihat gambar di bawah.



3. Setelah itu silahkan isi jawaban dari perkalian itu mulai dari pertama
    sampai terakhir lalu enter. Lihat gambar di bawah. 


4. Perhatikan bahwa kolom yang berwarna merah tidak bisa diinput karena 
    sudah di block supaya hanya kolom yang berwarna putih saja yang dapat diisi.
    Lihat gambar di bawah.


5. Untuk melihat sejauh mana keberhasilan menjawab, lihat di kolom sebelah kanan
    berapa nilai benar dan berapa nilai salah, serta di sana kita dapat melihat score
    keberhasilan anak.

Demikianlah penjelasan dari aplikasi perkalian ini, semoga ini menjadi aplikasi yang bermanfaat bagi semua anak di Indonesia. Selamat mencoba.

Bagi bapak atau ibu yang ingin mencoba untuk membantu belajar anak, saya akan kirimkan file aplikasinya ke email yang dapat di tulis di komentar di bawah ini.



7 comments:

  1. saya tertarik dgn aplikasi perkalianmu dan kebetulan anak saya sekarang kls dua SDS Katolik. Bolehkan disharingkan aplikasinya? email saya martinus.sanit@gmail.com

    ReplyDelete
  2. Kalau boleh saya juga minta diemailkan ke alamat keysha.aulia.nm@gmail.com
    Kebetulan anak saya baru naik kelas 2 SD buat belajar di komputer lebih mudah menghapalnya . Terima kasih bila berkenan

    ReplyDelete
  3. Nama saya Jacobus Hari Subagyo adalah seorang guru SMK Sugar Group. Bolehkah disharingkan aplikasinya? Email saya : jacobushari@gmail.com

    ReplyDelete
  4. jika diijinkan saya juga bisa dikirimi di email cemedhaan@gmail.com
    terima kasih

    ReplyDelete