Selamat Datang di Blog ini!___ Janganlah melihat hanya dipermukaan saja!___ Selamilah!___ Yakinlah suatu saat mutiara indah akan didapat.

Saturday, October 29, 2016

Cara Membuat Pola Batik Menggunakan Ms. Paint


Mengingat masa-masa di sekolah dasar (SD) dulu, ketika disuruh oleh guru membuat pola batik di kertas, itulah yang menginspirasi saya untuk mengajarkan pola batik menggunakan perangkat elektronik komputer. Dalam hal ini saya mencoba untuk membuat pola batik menggunakan aplikasi Ms. Paint. Cara membuatnya sangat mudah karena adanya tools yang digunakan untuk menggambarnya. Beberapa tools yang dipakai di sini adalah line, rectangle, dan curve. Selain itu digunakan juga saat pewarnaan adalah fill with color (atau sering dikenal oleh anak cat tumpah).

Langkah-langkah pembuatan pola batik menggunakan aplikasi Ms. Paint adalah sebagai berikut:

  • Media gambar Paint atau disebut juga canvas diberi garis pinggir dengan menggunakan tools rectangle.


  • Mulailah membuat pola batik, dimulai dengan membuat kotak kecil menggunakan tools rectangle. Setelah itu buatlah garis diagonal yang menghubungkan satu titik sudut ke titik sudut yang lainnya menggunakan tools line.


  • Buatlah garis lengkung yang menghubungkan titik sudut dengan titik perpotongan dari diagonal itu. Lakukan hal ini sampai terbentuk pola batik.


  • Pola batik yang sudah selesai, diperbanyak dengan cara di copy ke samping dan ke bawah.
  • Setelah canvas terisi penuh maka lakukanlah proses mewarnai dengan menggunakan tools fill with color.
  • Untuk mendapatkan hasil mewarnai yang baik gunakan pewarnaan gradasi.
Nah, bagaimana mudah kan membuat pola batik menggunakan Ms. Paint. Semoga pembelajaran TIK di sekolah menjadi lebih menyenangkan dan menambah keterampilan bagi anak-anak semua, khususnya dalam berkreativitas menggunakan perangkat komputer. Selamat berkreasi ........






6 comments:

  1. As reported by Stanford Medical, It's in fact the ONLY reason this country's women get to live 10 years longer and weigh on average 19 KG lighter than us.

    (And by the way, it is not related to genetics or some hard exercise and really, EVERYTHING to related to "how" they are eating.)

    BTW, I said "HOW", not "what"...

    CLICK this link to determine if this little questionnaire can help you find out your real weight loss possibilities

    ReplyDelete
  2. Ni nm batik'y apa ya?

    ReplyDelete