Selamat Datang di Blog ini!___ Janganlah melihat hanya dipermukaan saja!___ Selamilah!___ Yakinlah suatu saat mutiara indah akan didapat.

Saturday, March 1, 2014

Cara Membuat Tombol Navigasi Next dan Previous di Power Point


Menampilkan slide Power Point memang butuh ke kreatifan kita, mengapa? karena tampilan yang menarik dan berkesan akan membuat setiap orang semakin fokus pada presentasi yang sedang terjadi. Namun perlu diperhatikan, jangan juga terlalu kreatif nanti fokus dan perhatian orang teralih pada tampilan bukan pada isi presentasinya.


Nah, sekarang kita akan coba belajar tentang Action Buttons.
Action Buttons adalah suatu tombol siap pakai yang dapat kita gunakan dalam presentasi dan sebagai simbol untuk Hyperlink. Action Buttons mengandung berbagai bentuk seperti panah kanan atau kiri.

Biasanya panah kanan untuk next yaitu ke slide berikutnya, sedangkan panah kiri untuk previous yaitu ke slide sebelumnya. Bisa juga ditambahkan simbol first dan simbol last untuk ke slide pertama atau slide terakhir. Sebenarnya masih banyak simbol yang dapat digunakan namun kita batasi dulu sampai sini.

Untuk membuat tombol next dan previous, berikut langkah-langkahnya:
  1. Buka Microsoft Power Point
  2. Click  Insert lalu pilih Shape
  3. Kemudian cari Action Buttons dalam menu tersebut
  4. Pilih salah satu Action Buttons yang tersedia. Misalnya kita pilih simbol Forward or Next.
  5. Setelah terpasang tombol tersebut muncul dialog box seperti gambar di samping. Silahkan pilih sesuai dengan action yang diinginkan apakah next slide, previous slide, first slide atau last slide.
  6. Jika sudah tekan OK

Nah kurang lebih seperti itu langkah-langkahnya, silahkan mendesignnya sesuai selera kita. contoh misalnya jika kita ingin menghendaki suatu bangun untuk dijadikan sebagai Action Buttons, maka tinggal pilih bangun apa yang kita kehendaki kemudian klik Action kemudian pilih action apa yang kita kehendaki untuk bangun tersebut.

Mudah bukan ........ selamat mencoba ...........


2 comments: