Selamat Datang di Blog ini!___ Janganlah melihat hanya dipermukaan saja!___ Selamilah!___ Yakinlah suatu saat mutiara indah akan didapat.

Thursday, March 28, 2013

Cara Menghilangkan Cell Yang Tidak Terpakai Di Dalam Excel


Suatu hari saya membuat program untuk data apotek. Tapi saya mempunyai kendala yaitu banyaknya cell yang tidak terpakai yang ternyata merepotkan pada saat menginput data. Munculnya permasalahan ini membuat saya mencoba untuk mencari cara bagaimana menghilangkan cell yang tidak terpakai di dalam Excel. Ternyata setelah mencari di menu Excel, akhirnya dapat juga caranya yaitu dengan hide cell yang tidak terpakai itu.

Sebenarnya tujuan dari menghilangkan cell yang tidak terpakai adalah supaya membatasi wilayah kerja supaya tidak membingungkan user. Dan ternyata terbukti orang lain yang memakai pun merasa senang karena tampilannya tidak terlalu luas sehingga mudah untuk mengerjakannya.
 
Misal data yang kita buat ada di sel A1:I20. Maka kita akan menyembunyikan kolom J sampai XFD serta baris 21 sampai baris 1.048.576.  

Cara menyembunyikan atau menghilangkan cell sangat gampang yaitu:
  • Blok Kolom J, lalu tekan Ctrl+Shift+-> (panah ke kanan) di keyboard. Perintah ini untuk memblok kolom J sampai XFD. Lalu klik kanan, pilih Hide, untuk menghilangkan cell yang di blok tadi.
  • Blok Baris 21, lalu tekan Ctrl+Shift+Panah_Bawah. Perintah ini untuk memblok baris 21 sampai akhir baris. Lalu klik kanan, pilih Hide, untuk menghilangkan cell yang di blok itu.
Nah gampang kan. Silahkan selamat membuat program menggunakan Excel. Semoga trik ini bermanfaat untuk mempermudah program yang kita buat.


Note:
Untuk menampilkannya kembali, Klik Ctrl+A, untuk memblok seluruh sel, Klik kanan di bagian kolom, pilih Unhide. Klik kanan di baris, pilih Unhide.


10 comments: